Fakultas Pertanian dan Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan

11

Fakultas Pertanian dan Peternakan

Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) merupakan hasil integrasi antara Fakultas Pertanian (FP)  dengan Fakultas Peternakan-Perikanan (Fapetrik) yang dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2009 berdasarkan SK Rektor Nomor 1 Tahun 2009. Integrasi kedua fakultas tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan efisiensi dan optimalisasi sumber daya. Fakultas Pertanian-Peternakan memiliki 6 program studi,yaitu

(i) Program Studi Agroteknologi,

(ii) Program Studi Agribisnis,

(iii) Program Studi ITP,

(iv) Program Studi Kehutanan

(v) Program Studi Peternakan dan

(vi) Program Studi Budidaya Perairan. Jurusan Agronomi

Program Studi (Prodi) Ilmu dan Teknologi Pangan

ITP

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (Ilmu dan Teknologi Pangan)  berdiri pada Tahun 1993, berdasarkan Surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 118/DIKTI/Kep/1993. Pada Tahun 2000 Jurusan THP (Ilmu dan Teknologi Pangan) Universitas Muhammadiyah Malang, memperoleh status akreditasi dengan nilai B, berdasarkan surat Keputusan BAN DIKTI Nomor : 028/BAN-PT/Ak-IV/2000, tanggal 5 Oktober 2000. Dan lima tahun kemudian tepatnya pada 26 Januari 2006 status akreditasinya meningkat menjadi A (BAN-PT Nomor : 08285/Ak-IX-S1-028/UMMLLP/I/2006). Pada tanggal 28 Januari 2011 memperoleh status akreditasi B berdasarkan SK BAN-PT dengan Nomor 043/BAN-PT/Ak-XIII/SI/2011.

Keunggulan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan UMM

1. Memiliki laboratorium (Lab. Kimia-biokimia, lab mikrobiologi dan lab. rekayasa pangan), dan laboratorium pendukung (lab. Bioteknologi lab. agroteknologi, lab. agribisnis, lab perikanan dan lab. peternakan).

2. Menghasilkan sarjana ilmu dan teknologi pangan yang islami, handal dan kompetitif yang mampu berkomunikasi dengan masyarakat industri.

3. Selama kuliah mahasiswa di bekali soft skill melalui kegiatan ekstrakurikuler sehingga mampu mengembang-kan kemampuannya dalam bekerja di masyarakat maupun industri.

Itulah, perkembangan dan keunggulan yang dimiliki Fakultas Pertanian dan Peternakan, Ilmu dean Teknologi Pangan.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Ilmu dan Teknologi Pangan

Teknologi Pangan

Leave a comment